Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

A. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia;
  • Berusia saat pengangkatan serendah-rendahnya berusia 45 Tahun;
  • Berkelakukan baik;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya);
  • Tidak berkedudukan sebagai ASN atau CPNS atau PNS atau anggota Polri atau Anggota TNI;
  • Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja pada suatu instusi negara atau swasta;
  • Tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik;
  • Tidak terlibat politik praktis;
  • Tidak menjadi simpatisan dan/atau anggota dan/atau pengurus dari organisasi yang dilarang di Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Serendah-rendahnya memiliki gelar Strata 2 (Magister) di bidang yang relevan dan diperoleh dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan IPK minimum 3 (skala 4,00) atau ekivalen dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang bereputasi atau Program Studi dari Dalam Negeri yang terakreditasi Baik sekali atau B;
  • Memiliki kualifikasi sebagaimana tercantum pada tabel formasi dan kualifikasi di bawah. Kualifikasi tersebut tidak terbatas pada yang tercantum, namun termasuk juga untuk bidang lain yang terkait dengan pertimbangan program multidisiplin;
  • Lebih diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang yang relevan dengan posisi yang dilamar;

B. Formasi dan Kualifikasi

NoKode FormasiProgram Studi (Home Base)Kuota
1D-PJKPendidikan Jasmani dan Kesehatan (S1)3
2D-TITeknik Industri (S1)1

C. Tata Cara Pendaftaran

  1. Surat lamaran dengan mencantumkan kode formasi yang dilamar;
  2. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV);
  3. Pindaian Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  4. Pas foto terbaru (ukuran 4×6 cm);
  5. Personal Statement (maksimal 1 halaman) yang menguraikan bagaimana pengalaman calon Dosen mengenai pengalaman hidupnya di masa lalu yang telah memengaruhi pencapaiannya saat ini dan bagaimana aspek-aspek tersebut dapat berperan dalam mewujudkan cita-cita USBR dalam mencapai visi Universitas. Personal Statement dapat ditulis dalam bahasa Indonesia;
  6. Scan transkrip akademik dan ijazah sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 dan S3, jika S3);
  7. Scan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah dari Ditjen Dikti Kemdiktisaintek bagi pelamar lulusan S1 dan/atau S2 dan/atau S3 dari perguruan tinggi luar negeri;
  8. Bagi pelamar yang langsung melanjutkan jenjang S3 tanpa melalui jenjang S2 tidak perlu melampirkan transkrip akademik dan ijazah S2;
  9. Surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh fasilitas kesehatan (jika sudah diterima);
  10. Surat keterangan bebas NAPZA oleh fasilitas kesehatan (jika sudah diterima);
  11. Surat keterangan sehat rohani oleh fasilitas kesehatan (jika sudah diterima);
  12. Surat Pernyataan tidak menjadi anggota dan/atau pengurusa partai politik dan terlibat politik praktis;
  13. Surat pernyataan tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja di suatu instansi;
  14. Surat pernyataan tidak berkedudukan sebagai ASN/CPNS/PNS/ anggota POLRI/Anggota TNI
  15. Surat pernyataan tidak penrah menjadi simpatisan dan/atau anggota dan/atau pengurus organisasi yang dilaran di NKRI;
  16. Dokumen lain yang mendukung CV;
  17. lamaran lengkap hanya boleh dikirimkan ke email kepegawaian@usbr.ac.id
  18. Berkas lamaran dikirimkan paling lambat tanggal 05 November 2025 pukul 23.59 WIB

D. Proses Seleksi

  1. Tahap-I, Seleksi Administrasi : Kelulusan seleksi Administrasi didasarkan pada kesesuaian antara data yang di kirimkan ke email dengan formasi yang dibutuhkan.
  2. Bagi calon dosen yang lulus Seleksi Tahap I (Seleksi Administrasi) akan diikutkan pada seleksi berikutnya yang meliputi:
    • Tahap 2, Tes Akademik
    • Tahap 3, Microteaching
    • Tahap 4, Wawancara

E. Lini Masa

NoKegiatanTanggal
1Penetapan Kualifikasi26 Oktober 2025
2Pengumuman Rekrutmen28 Oktober 2025
3Batas Kirim Lamaran5 November 2025
4Pengumuman Seleksi Administrasi7 November 2025

F. Pengumuman Penerimaan

  • Pengumuman kelulusan akan diumukan di media resmi USBR yaitu www.usbr.ac.id;
  • Jangka waktu perjanjian kerjasama untuk DTY diatur dalam perjanjian kerja;
  • Keputusan panitia seleksi penerimaan calon Dosen Tetap USBR Tahun 2025 tidak dapat diganggu gugat.

G. Lain-Lain

  • Pelamar yang berdomisili di luar Kab. Lebak dapat membuat pernyataan bahwa domisili terjangkau dengan lokasi kampus USBR;
  • Wawancara dan Microteaching dilakukan secara luring di Kampus USBR;
  • Lamaran yang terlambat tidak akan diterima;
  • Lamaran yang tidak lengkap tidak akan diterima;
  • Kelalaian dalam membaca pengumuman ini menjadi tanggung jawab pelamar;
  • Panitia hanya berkomunikasi melalui email resmi di atas;
  • seluruh tahapan seleksi ini tidak dipungut biaya.

Rangkasbitung, 28 Oktober 2025
Wakil Rektor 2 Bidang Umum dan Kepegawaian,


Yadi Heryadi, M.Pd.

Leave a Reply

Scroll to Top