Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Setia Budhi Rangkasbitung merupakan fakultas yang berkomitmen untuk mencetak tenaga pendidik profesional, kompeten, dan berintegritas. FKIP menyediakan berbagai program studi yang dirancang untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan, baik di tingkat lokal maupun nasional.
- Nama UPPS : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Tahun Berdiri : 6 Februari 2023
- Nomor SK : 152 tahun 2023
- Jumlah Program Studi : 6
- Alamat Kantor : Jl. Budi Utomo No. 22L, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak, Prov. Banten – Kode Pos : 42314
- Nomor Telepon : (0252) 206715
- Alamat E-Mail : fkip@usbr.ac.id
- Laman : https://fkip.usbr.ac.id/
Menjadi Pusat Pengembangan Ilmu, Teknologi, dan Seni di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang bermutu, Bereputasi dan Berbudaya Nasional pada tahun 2032
- Peningkatan Penyelenggaraan Pendidikan dan pembelajaran berdasarkan perkembangan mutakhir di bidang keguruan dan ilmu Pendidikan;
- Peningkatan penyelenggaraan penelitian yang menghasilkan temuan baru dalam bidang keguruan dan ilmu Pendidikan;
- Peningkatan penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keguruan dan ilmu Pendidikan
- Menghasilkan lulusan yang unggul yaitu berkualitas tinggi, berdaya saing tinggi, beriman dan taqwa, profesional, dan memiliki integritas, nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kemampuan sebagai pendidik, peneliti, konsultan, dan ahli dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kajian keilmuwan dan penelitian serta penerapan Iptek di bidang keguruan dan ilmu Pendidikan yang berwawasan global berbasis potensi budaya lokal dan nasional.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengintegrasikan pendidikan, penelitian dan pengabdian dalam penerapan Iptek di bidang keguruan dan ilmu Pendidikan di masyarakat.
- Pendidikan dan Pengajaran:
- Mengembangkan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan berorientasi dunia kerja berorientasi revolusi industry 4.0. dan menyongsong berlangsungnya Kurikulum Nasional Kampus Merdeka.
- Menyelenggarakan“internatinalization at home” dalam pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Setia Budhi Rangkasbitung.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik.
- Meningkatkan kuantitas kualitas dan masukan (input) mahasiwa. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas lulusan mengacu kepada keterampilan abad 21 dan era revolusi industri 4.0.
- Meningkatkan kualitas pembinaan kemahasiswaan
- Diversifikasi program studi dalam cakupan pendidikan akademik, yang relevan dengan revolusi industri 4.0
- Optimalisasi daya tampung untuk meningkatkan angka partisipasi lulusan
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama akademik dengan lembaga pendidikan di dalam negeri maupun di luar negeri.
- Meningkatkan kualitas penjaminan mutu penyelenggaraan sistem pendidikan secara berkelanjutan berskala nasional dan internasional.
- Penelitian:
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dengan pendekatan monodisiplin, multidisiplin, dan antar disiplin.
- Hilirisasi hasil-hasil riset kepada masyarakat dan dunia kerja
- Meningkatkan publikasi nasional. Publikasi internasional bereputasi, HKI, dan Produk Inovasi.
- Perintisan pusat pusat kajian keguruan dan ilmu pendidikan dalam bidang penelitian yang bekerjasama dengan lembaga lembaga penelitian
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama bidang penelitian dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan dunia kerja baik di dalam maupun di luar negeri.
- Meningkatkan kuantitas dan kulitas
- Pengabdian kepada Masyarakat:
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan multidisiplin berbasis pada hasil-hasil penelitian, kebutuhan dan permasalah masyarakat serta dunia kerja.
- Meningkatkan jumlah HKI dan Produk Inovasi Pengabdian kepada masyarakat.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama bidang pengabdian kepada masyarakat dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan dunia kerja baik di dalam maupun di luar negeri.
- Meningkatkan kuantitas dan kulitas tenaga pengabdian.
- Pengembangan regulasi pada level Fakultas sebagai dasar hukum penyelenggaraan Sistem Tata Kelola Kelembangaan yang berkualitas secara Terpadu, Transparan, Akuntabel, Adil, dan Bertanggung jawab.
- Pelaksanaan dan pengembangan dokumen tata kelola kelembagaan
- Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia tenaga kependidikan yang mampu memberikan pelayanan yang optimal.
- Meningkatkan kualitas pengelolaan prasarana-sarana sesuai dengan standar mutu.
- Meningkatkan perencanaan dan pengelolaan anggaran fakultas.
- Peningkatan Tata Kelola berbasis TIK