• Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
  • Post author:

LEBAK, RADARBANTEN.CO.ID-Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) bersama Universitas Setia Budhi (USB) Rangkasbitung melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Penanggulangan Bencana di Sekretariat Gugus Mitigasi Lebak Selatan Desa Panggarangan Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Sabtu 26 Agustus 2023.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Abah Lala selaku Ketua GMLS dengan Rektor USB Rangkasbitung Prof Suherman disaksikan Taufik Hidayat Suharto selaku Kepala LPPM USB Rangkasbitung beserta jajaran pimpinan lainnya

MoU tersebut dilaksanakan sebagai wujud kolaborasi dan sinergi bersama dalam penanggulangan bencana alam di Lebak Selatan, khususnya dalam Community Resilience Programme.
Ketua GMLS Abah Lala menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi seluruh elemen pentahelix dalam menjawab permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya dalam masalah kebencanaan.

“Universitas Setia Budhi Rangkasbitung sebagai salah satu elemen akademi dalam pentahelix, dapat berperan dalam kajian ilmiah maupun turun langsung di masyarakat dalam kegiatan diseminasi. Hal ini jelas akan memperkaya konteks kemasyarakatan untuk para mahasiswa dalam kaitan dengan studi yang tengah mereka jalani,” kata Abah Lala.

Dia mengatakan, GMLS terus berupaya memberikan edukasi mitigasi kebencanaan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat di wilayah Desa Panggarangan terhadap potensi gempa besar megathrust dan tsunami yang mengancam wilayah tersebut. GMLS diinisiasi sejak tahun 2020 untuk membangun kapasitas masyarakat dalam upaya mitigasi bencana.

“Tentunya, harapannya, seluruh kelompok masyarakat dapat siap menghadapi bahaya gempa dan tsunami yang mungkin terjadi di wilayah ini,” harapnya.

Rektor Universitas Setia Budhi Rangkasbitung Prof. Suherman dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas terlaksananya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) penanggulangan bencana alam antara Universitas Setia Budhi Rangkasbitung dengan GMLS.

“Penandatanganan Mou ini dilakukan sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi dalam penanganan bencana yang terjadi di dalam mapun sekitar kawasan Lebak Selatan, khususnya yang dikelola oleh GMLS,” katanya.

Dia juga mengapresiasi GMLS yang telah bersinergi dalam upaya penanggulangan bencana alam.

“Kegiatan penanganan kebencanaan merupakan tugas kita bersama, sehingga dengan terbentuknya sinergitas yang baik akan mempermudah dalam penanganan sekaligus penanggulangan bencana yang terjadi di dalam dan sekitar wilayah Lebak Selatan yang dikelola GMLS,” ujarnya.

Reporter: Nurabidin
Editor : Aas Arbi

Sumber : Radar Banten

Leave a Reply