• Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
  • Post author:

LEBAK, RADARBANTEN.CO.ID – Dalam meneladani dan belajar bertani, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang dipimpin Pusat LL DIKTI IV Jawa Barat dan Banten gabungan dari dua kampus besar di Lebak, yakni Universitas La Tansa (Unilam) dan Universitas Setia Budi Rangkasbitung (USBR), melakukan panen padi bersama para petani di
Kampung Bojong Menteng, Desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Minggu, 13 Agustus 2023.

Perwakilan mahasiswa KKN Universitas Setia Budi Rangkasbitung (USBR), April mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan untuk belajar tentang cara bagaimana bertani dan memanen padi.

“Kami di sini belajar tentang proses padi itu dipanen hingga menjadi beras, kami belajar jerih payah para petani bagaimana cara mereka memanen padi,” katanya.

Menurut April, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk dalam menanamkan nilai-nilai tentang arti swasembada pangan bagaimana harus bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Artinya gini kadang kita makan asal aja, buang nasi dan sebagainya, tetapi petani itu disini susah payah menanam padi. Kami ingin melakukan hal-hal kecil untuk tindakan besar kedepannya,” ujarnya.

Selain bertani, para mahasiswa juga ikut mengembangkan dan menggali potensi di Desa Bojong Menteng khususnya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Di sini ada beberapa potensi usaha dimulai dari pertanian, perikanan dan lainnya. Kami di sini mencoba membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi tersebut,” ucapnya.

Diharapkan April, apa yang telah dilakukan mahasiswa dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Bojong Menteng.

“Semoga apa yang kami lakukan disini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan mampu membantu potensi di desa ini bisa semakin maju,” ucapnya. (*)

Reporter: Nurandi
Editor: Agus Priwandono

Sumber : Radar Banten

Leave a Reply